Rahasia Menuju Sukses ESQ 165 "Spesial Idul Fitri" di TVOne


Saksikan !

Dr.H.C Ary Ginanjar Agustian bersama Prof. Gumilar Rusliwa Somantri (Rektor UI) & Dr.H.C AM. Fatwa di TVOne dalam acara Rahasia Menuju Sukses ESQ 165 "Spesial Idul Fitri"

Sabtu-Minggu, 11-12 September
Pukul 19.00 WIB s/d 21.00 WIB.

Salam 165





Jumat, 09 Juli 2010

Komentar Para Tokoh di Berbagai Media Mengenai ESQ

Sehubungan dengan Fatwa Mufti Wilayah Persekutuan- Malaysia terhadap ESQ, berikut ini adalah komentar para tokoh nasional mengenai training ESQ yang dimuat di berbagai media massa di Indonesia.

1. Menteri Agama – Suryadharma Ali (detik.com; vivanews.com)

“ESQ itu bukan suatu lembaga baru di Indonesia. Sudah berkembang lama dan di Indonesia tidak ada reaksi seperti itu. Karenanya kalau ada pandangan bahwa ESQ melenceng dari ajaran agama, kita harus lihat dulu pada bagian yang mana yang begitu”

2. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat – Priyo Budi Santoso (detik.com; republika.co.id)

“Wajar-wajar saja saya kira. Semua metodenya positif. Esensinya sangat positif. Hasilnya untuk mengasah hati anggota DPR. Tidak memprovokasi. Malah ada semangat hati dan komitmen untuk berprestasi dan tidak bicara sama sekali hukum agama. Dan pada situasi sehari-hari ini terasa sangat berhasil”

3. Ketua Pengurus Besar Nahdhatul Ulama – Slamet Effendi Yusuf (detik.com; republika.co.id)

“Setahu saya Ary Ginanjar itu mendakwahkan masalah hati tidak dilepaskan dari ajaran Al Quran. Jadi menurut saya berlebih-lebihan kalau itu diharamkan. Setahu saya banyak yang ikut ESQ. Itu seperti ngaji aja, untuk tambah ilmu, itu sah-sah saja. Itu kan bagian dari pengelanaan dan pengembaraan pencarian ilmu”

4. Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdhatul Ulama – KH. Hasyim Muzadi (mediaindonesia.com)

“Saya sudah memberikan surat rekomendasi kepada Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM) atau Majelis Ulama Malaysia melalui Pimpinan ESQ Ary Ginanjar. Kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh ESQ Leadership Center mengajarkan keimanan yang kuat melalui teori keilmuan. Tidak ada penyimpangan kaidah Islam dalam kegiatan pelatihan yang diselenggarakan ESQ Leadership Center”

5. Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadyah – Din Syamsuddin (antaranews.com)

“Tidak ada praktik pelatihan yang diberikan ESQ yang menyimpang dari akidah Islam. Tidak ada hal aneh atau pantas dipandang sesat. Metode yang dikembangkan ESQ adalah pelatihan yang mendorong peningkatan kecerdasan spiritual dan emosional yang didasarkan pada ajaran Islam. Metode pelatihan emosional yang dikaitkan dengan spiritual banyak juga dikembangkan oleh para pengajar di sejumlah Negara maju. Sebagai pelatihan pengembangan diri tidak ada masalah jika kalangan non muslim juga ikut dalam pelatihan”

6. Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Departemen Agama Republik Indonesia – Prof. Nasaruddin Umar (antaranews.com)

“Keberadaan lembaga pelatihan sumber daya manusia ESQ pimpinan Ary Ginanjar Agustian di Indonesia tidak bermasalah dan tak ada yang mengganggapnya sebagai aliran sesat. ESQ kan sudah sekitar sepuluh tahun, kalau ada masalah tentu sudah heboh. MUI, tokoh masyarakat, tokoh agama dan rector sudah banyak yang ikut pelatihan ESQ. Kalau ada masalah, tentu mereka akan mempermasalahkannya”

7. Ketua Umum Partai Demokrat – Anas Urbaningrum (republika.co.id)

“Jangan berkecil hati, tetap berkonsentrasi dan fokus atas apa yang selama ini telah dirintis dan dijalankan. Bukti tentang faedah kehadiran ESQ lebih penting ketimbang fatwa itu sendiri. Teruslah berkhidmat untuk kemajuan umat dan bangsa”

8. Wakil Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat – Lukman Hakim Saifudin (republika.co.id)

“Fatwa sesat terhadap program ESQ dari mufti di Malaysia, amat berlebihan. ESQ justru telah berhasil menyadarkan spiritualitas sekaligus membentuk karakter masyarakat menjadi lebih baik. Telah banyak orang yang merasakan manfaat ESQ. Inti ESQ justru meneguhkan tauhid dan memperbaiki akhlak mulia”

9. Ketua Majelis Ulama Indonesia – K.H.Amidhan (tempointeraktif.com)

“Tidak perlu dikaji untuk apa, masalahnya tidak perlu dibesarkan, ini sudah metode dakwah yang luar biasa, sudah mendunia ini. Pelatihan ini sudah direkomendasikan oleh Ketua Pengurus Besar Nadhatul Ulama saat itu, Hasyim Muzadi, dan dari Pengurus Pusat Muhammadyah, Din Syamsuddin, yang menyatakan tidak ada masalah”

10. Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia – Irjen.POL. Edward Aritonang (surabayapost.co.id)

“Fatwa haram Mufti Persekutuan Malaysia nggak ada urusannya dengan kita. Pemberian pelatihan training ESQ ini bertujuan mengubah mindset para anggota. Agar mereka bisa melayani dengan tulus, tidak melakukan pelanggaran atau juga tidak merugikan kepentingan masyarakat”

Dokumen Pendukung:
  • File : ICMI (Download disini)
  • File : NU (Download disini)
  • File : Muhammadiyah (Download disini)
  • File : Mufti Perak - Paper Clipping (Download disini)
  • File : Mufti Penang - Testimoni (Download disini)
  • File : Pengesahan Mufti Perak (Download disini)
  • File : Pengesahan Mufti Pahang (Download disini)
  • File : Pengesahan Mufti Pulau Penang (Download disini)
  • File : Pengesahan Mufti Kedah (Download disini)
  • File : Jawaban kepada isu-isu yang ditanyakan alumni ESQ (Download di sini)
  • File : Pernyataan Resmi Panel Syariah ESQ Leadership Center Malaysia (Download di sini)
  • File : Penjelasan ESQ Leadership Center (Download di sini)




  • Testimoni YBSS Tan Sri (Dr) Hj. Harrussani bin Hj. Zakaria - Mufti Perak



    ARTIKEL TERKAIT :

    0 comments:

    Posting Komentar